Perawatan ‘gerobak’ demi keluarga   Leave a comment

Alhamdulillah, di tahun ketiga semenjak beli ‘gerobak’, Karimun Estilo yang biasanya jarang dipakai, menjadi sering dipakai karena LDR Solo-Semarang. Insya Allah, istri akan melahirkan anak kedua di Solo, dan saya jadi sering bolak-balik Solo-Semarang.

Di pertengahan April tahun ini, karena ada libur di hari Senin, saya dan keluarga pulang balik ke Solo. Di perjalanan, mobil terasa kurang kencang dan tidak kuat saat menanjak. Wah,,, perlu diperiksa ini. Setelah balik Semarang lagi, saya coba bawa ke bengkel resmi untuk cek. Oleh bengkel disarankan untuk mengganti kampas kopling, dan ganti nya harus satu set. Jasa ganti dan beli sparepartnya lumayan bikin nangis,, 2 juta. Setelah dipikir-pikir, ya udahlah daripada di jalan mobil ga bisa jalan. Pas di rumah, dibuka catetan penggantian, kampas diganti di Januari 2012, artinya ini kampas udah 5 tahun juga umurnya.

Setelah kampas, muncul masalah yang sama dengan di akhir tahun kedua (2016), yaitu radiator Karlo sering panas. Setelah dibawa ke bengkel langganan bapak di Solo (2016), penyakitnya sembuh. Namun, penyakit itu muncul lagi, dan dibawa lagi ke bengkel. Kata bengkelnya, motor radiator panas sampai ke kipas radiator, jadilah dua macam benda itu diganti yang original “G”.

Satu minggu setelah balik dari Solo, eh… radiator nya naik lagi. Kali ini, dibawa ke bengkel resmi Suzuki di Ungaran. Mekanik suzuki Cuma ganti relay nya (gratis) dan bilang ini dibawa ke korok radioator aja mas… Lanjutlah aku nyari bengkel spesialis radiator di Ungaran. Setelah nyari2, ketemulah tempat servis radiator Yoyok di belakang sekolah As-Salamah. Setelah dikorok radiator, saat penggantian dengan air yang baru dan mesin dihidupkan (agar air berputar), ternyata air tidak berputar seperti seharusnya.  Artinya, ada kemungkinan water pump (pompa air) untuk memutar air tidak bekerja. Disarankanlah saya, ke bengkel sebelah yaitu bengkel mobil punya pak Narto/Pak Trimo.

Setelah Jum’atan di masjid terdekat, dibongkarlah Karlo sampai ke plat-platnya untuk mengambil water pump. Ternyata… water pump nya memang sudah tak punya gigi sama sekali alias ompong…

Karlo10

Dan mumpung dibongkar, pak Trimo menyarankan untuk ganti timing belt dan tensiometer sekalian karena sudah aus.

Berangkatlah saya untuk mencari suku cadang dimaksud. Water pump, timing belt dan tensiometer. Pertama ke pasar Ungaran depan Blimbing Sari, ga nemu. Ke pasar Jati, ke Surya Motor, Kartika Motor Srondol, ga nemu juga. Akhirnya, ditemani rintik hujan dan saya ga bawa mantol (ini aja pake motor empunya bengkel), saya ke Mataram (Semarang bawah).

Alhamdulillah, setelah hampir putus asa karena udah jam lima lewat (toko udah pada tutup), akhirnya saya nemu Water pump karlo di toko Suzuki motor Mataram.

Setelah sampai bengkel, ternyata bengkel juga udah gelap dan saya diminta untuk mengantar motor ke rumah empunya bengkel. Dan mobil harus nginap di bengkel dan besok baru bisa diambil.

Satu kampas, dua radiator. Yang ketiga, shockbreaker depan. Sebenarnya udah kerasa dari lama, Cuma pas ganti kopling di beres kemarin, mekaniknya memang sudah bilang kalau ada rembesan oli di shockbreaker (SB), jadi memang harus diganti daripada kena sparepart yang lain. Ini juga lumayan nguras dompet karena harus beli satu set kanan-kiri (padahal yang rembes Cuma sebelah) 1,4 juta. Jasa pasangnya di bengel ondersteel Khamid Banyumanik 100ribu.

Satu dua tiga, sebenarnya yang keempat ini juga insiden ketika rumah di Solo diguyur hujan. Ketika hujan dan Karlo melintas di genangan air, tak terasa (tapi ini terjadi….. lho kok nyanyi) genangan air masuk ke karpet dasar mobil. Jadilah mobil bau apek yang susah banget ngilangin airnya. Sebab musabab nya, banyak pentil karet bawah yang lepas, atau mungkin ga ada semua 😦 .

Alhamdulillah, ada temen mas hadi driver, mas Agung yang bisa membantu. Lepas jok, ganti karpet dasar dan sekalian diselep/dibersihkan lampu depan nya. Meski cukup banyak biayanya, semoga setelah ini tidak banyak pengeluaran untuk Karlo karena mau dipake sama adiknya Lathif… amin…

Posted Mei 22, 2017 by 4n1ef in Uncategorized

Diklat Lama di Balai Diklat Baru   Leave a comment

Pertama kali Diklat di Balai Diklat BEPEKA yang BARU di Makassar.

Senin sampe Rabu pekan kemarin, kami berenam dari Perwakilan Jawa Tengah dipanggil diklat Penyusunan Laporan Keuangan di Makassar. Panggilan ini artinya saya akan bernostalgia kembali dengan Memorable Places di kota Makassar, the centre point of Indonesia. Kota Daeng, kota dimana untuk pertama kalinya saya bersama Herlambang Aji Kusuma dan Dimaz Okky Primandita ditugaskan (cuma beda kantor aja sih..)

So,, kami berenam, sepakat membentuk WAG baru bernama Diklat Hore MKS. Apa itu diklat Hore? ya Diklat, ilmunya dapat, juga hore2 alias Jappa-jappa atau jokka-Jokka di kota Makassar. Sayang sekali, waktu diklat dari jam setengah 8 sampai setengah 5 menyisakan waktu jalan yang tak banyak. Apalagi, sekarang Balai Diklat BPK Makassar letaknya tambah jauh dari kota, di jalan Tun Abdul Razak kalau di Gmap atau jalan Yasin Limpo, Rumangpolong Gowa Sulawesi Selatan. Anyway, tetap yang penting dijalani dengan happy dan enjoy. And, this is it..

 

 

 

 

cc: Mohamad Adnan, Riezkiana Kristina Nirmalawati, Sinta Mahardika, Kundri Astuti Wardani, Eni Sudiarti

 

Posted Maret 27, 2017 by 4n1ef in Ini ceritaku, mana ceritamu? - Indomie

Tagged with

Magang awal di BEPEKA   1 comment

Mengenal dunia kerja adalah salah satu tujuan magang sebelum ditempatkan. Dalam magang, seseorang akan mengetahui bagaimana kompleksnya dunia kerja; mengenal tanggung jawab dalam arti sebenarnya, melatih bagaimana bersikap terhadap orang yang lebih tua, lebih pandai, atau yang lebih rendah daripada si pemagang itu sendiri.

Lebih lagi, prosesi magang tersebut berada di sebuah kantor pusat lembaga tinggi negara, Badan Pemeriksa Keuangan atau yang lazim disingkat dengan BPK. Kantornya pak Anwar Nasution di jalan Gatot Subroto no.31. pemagang dari STAN berjumlah 125 orang yang dtempatkan di berbagai biro dan auditorat.

Sebelum magang, pemberkasan CPNS lulusan yang berasal dari STAN penempatan BPK (selanjutnya disebut BPK-STAN) berlangsung dalam satu setenagah hari. Hari Ahad tanggal 2 November 2008, briefing awal, perkenalan serta persiapan pemberkasan yang akan dilaksanakan esok harinya di Kantor Pusat. Seninnya, BPK-STAN disambut oleh Pak Mossi selaku Kabiro SDM. Selama minimal sebulan, BPK-STAN akan menjalani penempatan sementara (magang) di kantor pusat. Selanjutnya, pengisian form DRH, surat pernyataan, dan Riwayat Penempaan yang sangat menegangkan karena akan menentukan wilayah mana yang akan diberikan pada lulusan STAN tersebut. Pada pertengahan hari kedua, lulusan STAN dibagi dan diantar menuju ruang masing-masing untuk magang.

Kantor pusat BPK terdiri dari dua gedung, gedung Arsip dan satu lagi gedung Utama (gedung Umar Wirahadikusumah). Gedug Utama terdiri dari 11 lantai, sedang gedung arsip terdiri dari 8 lantai.

Seratus dua puluh lima orang BPK-STAN dibagi menjadi beberapa bagian. Ada yang mendapat dalam satu ruang belasan orang, misalnya di Biro SDM, ada pula yang satu ruang hanya satu orang. Tupoksi masing-masing berbeda, dan pengalamannya-pun pasti berbeda-beda. Pada AKN (Auditorat Utama Keuangan Negara) I misalnya, terdapat lulusan STAN yang ikut Pemeriksaan Stempat (PS) ke BMG, meski tidak dimasukkan dalam Surat Tugas karena belum diklat. Di AKN II yang membidangi keuangan Negara (Depkeu dan BI); BPK-STAN diperkenankan ikut dalam peer review (peninjauan ulang) Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP). AKN IV baru saja mengadakan konsinyering di hotel salama 3 hari. AKN V dilatih untuk Indexing (menyusun) KKP. Sedangakan di AKN VII yang memeriksa BUMN, BPK-STAN diminta untuk lebih memahami kondisi BUMN di Indonesia dengan membuat proyek Gambaran Umum BUMN (GU-BUMN).

Lembur di BPK paling banyak terjadi di Biro SDM, karena tahun ini terdapat proyek penerimaan pegawai S1 dan D3 di BPK. Lembur pertama menginput data pelamar dalam system konputer dan lembur kedua menempel foto pelamar ke KPU (Kartu Peserta Ujian). Uang lembur bisa digunakan sebagai tambahan uang saku.

Tanggal 1 Desember, BPK-STAN menerina uang tunjangan kegiatan (baca: uang saku) sebesar 1,9 juta untuk magang selam dua bulan (Nov-Des). Sedangkan TMT rencananya akan dimulai 1 Januari 2009. “Likuiditas Perusahaan” kembali terselamatkan. Semoga BPK-STAN diberi kelancaran dan kemudahan. Amin.

Posted November 14, 2016 by 4n1ef in Uncategorized

Intifadhoh!!!   Leave a comment

Adalah genosida yg terjadi di bumi Palestina -Jalur Gaza tepatnya- saat ini. Sudah lima hari Israel la’natulloh ‘alaihim membombardir p’kampungan padat -markaz Hamas kata Israel- di jalur Gaza. Lebih dari tiga ratus lima puluh -350- orang meninggal dan ribuan warga lainnya mengalami luka-luka. Sejumlah masjid dan rumah sakit tak luput dari serangan tersebut.
Teroris sebenarnya sudah tampak di depan mata. Kurasa tak mungkin pemerintah memberangkatkn Densus 88 utk menangkap mereka.
Kini,saatnya menanyakan pada diri kita,apa yg sdh kita lakukn utk saudara setubuh kita? Operasi Cast Lead sdh diumumkn, kpn kita bisa berangkat ke sana?
*hny ad 2 pilihan,hidup mulia atau mati sebagai syuhada.

Posted September 14, 2016 by 4n1ef in Uncategorized

Yaumul Jadid 1430H   Leave a comment

Bagi sebagian orang,tahun baru tak ubahnya hari biasa seperti hari lainnya. Satu menit,masih 60 detik. Satu hari juga masih 24 jam. It’s just a day.
Namun,apa salahnya kalau kita ambil hari itu sbg momen,tanpa merayakan dan memperingatinya? Momen utk intropeksi diri, muhasabah akhir tahun, atas apa yg sudah dan akan kita lakukan. Ibarat sebuah perusahaan, mereka akan melakukan stock opname, menghitung total penjualan dan beban, melihat kontrak yg belum dijalankan, untuk membuat suatu laporan keuangan. Mereka juga akan mereviuw, apakah laba yg diperoleh mengalami peningkatan daripada tahun sebelumnya dan apakah telah sesuai dgn rencana awal tahun. Stlh mereka membuat laporan, mereka akan membuat proyeksi dan planning utk meningkatkn kinerja perusahaan.
Begitu pula dgn kita, menghitung prestasi2 kita dan kesalahan2 kita. Hanya kita (dan Alloh tentu) yang paling tahu strengths, weakness, opportunities, dan threats kita sendiri. Sudah benarkah aqidah kita, sudah luruskah sholat dan puasa kita, sudah seberapa jauh langkah kita untuk meneladani Rasululloh tercinta.
Kontrak hidup kita juga berkurang setahun, kecuali kalau kita rajin bersilaturrahim. Sudahkah hari ini kita mengatakan pada orang2 yg kita cintai, “ukhibbukum fillah”, “aku mencintaimu karena Alloh”?
Tahun baru, artinya harus ada target2 yg kita tulis, capaian2 yg harus kita tanamkan dalam diri. And be careful, “If you plan to fail, you failed”. Dan jangan pernah takut untuk bermimpi, karena bisa jadi mimpi itu menjadi kenyataan esok hari.
Dgn berusaha dan berdoa, jemput sukses untuk kita semua.
*jika hari ini sama dgn hari kmrn, mk ia adl org yg rugi; jika hari ini lbh jelek dr hari kmrn, mk ia adl org yg celaka; dan org yg beruntung adl org yg hari ini lbh baik dr hr kmrn. Smg qt t’msk org yg beruntung itu.

Posted September 14, 2016 by 4n1ef in Uncategorized

Menanti Fatwa Jihad Saudi   Leave a comment

Sebuah p’tanyaan dr seorg tmnq, adakah fatwa jihad ‘ulama saudi ttg mslh gaza sekarang? Mengapa pemerintah saudi yg kaya raya tdk memberangkatkn tentaranya ke gaza? (alfaqir)
Lalu kucoba tanyakan mslh ini kpd bbrp saudara2ku melalui pesan singkat. Jawabnya bermacam2. Sdrq d boyolali mengatakan mgkn krn militer saudi memang lemah, tdk pny senjata. Oki,wkt diserang irak (saddam husein), saudi minta bantuan Amerika.
Sdrku d medan mjwb bhw plstin tdk mbr ijin pasukn lain dtg,krn p’btsan jg ditutup. Plstin lbh bth obat2an.
“Mgkn jk saudi ngirim pasukan mk akn memperburuk keadaan dmana lbh byk korban dr muslimin krn kondisi kaum muslimin yg lemah n blm b’satu. Sbgmn Rasululloh hijrah ktk muslimin dlm kead.lemah dan Berperang ktk sudh kuat n 1 komando”, begitu kata seniorku di saff.
Seniorku yg ad d kampus, mengeluarkn fatwa dr syeikh bin Baz, “Sesungguhnya aku nasihatkn pd setiap sdr2q u.bahu membahu b’sm mereka. Aq nasihatkn pd org2 kaya n para pemimpin spy mengulurkn bantuan u.sdr2 mereka yg b’juang d plstina, guna merebut kembali negeri mereka dan menolong mrk menghadapi musuhnya, insya Alloh”. Perlu diketahui syeikh sdh meninggal sembilan thn yg lalu.
Fatwa jihad di indonesia sdh ad, hny d saudi.. Untk skrg ini.. Ah..mgkn aq sj yg blm mengetahuinya.

Posted Agustus 14, 2016 by 4n1ef in Uncategorized

[DRAFT] Interview for Replacement   Leave a comment

I was called by harun,STAN student’s coordinator in BPK-RI,to go interview for replacement. It about ten minutes,from eleven o’clok until eleven plus ten minutes. Pewawancrq is mr. Erwin Miftah,eselon 3 kabag pkpk biro sdm bpk. Beliau adl lulusan stan jg. I was asked about my activity chronicle in Akn 7,a place where i wanna placed and don’t want placed,and what will i do if i go there.
Btw,the latest two weeks,the people in my workplace is very busy. It’s because Bpk will be audited by Bpk Netherlands (peer review). So,the work letter of audit (KKP) must be repaired. I with my team,Ms.Yulita and Dini,has to repair Pt.INDOfarma.

Posted Agustus 14, 2016 by 4n1ef in Uncategorized