Magang awal di BEPEKA   1 comment

Mengenal dunia kerja adalah salah satu tujuan magang sebelum ditempatkan. Dalam magang, seseorang akan mengetahui bagaimana kompleksnya dunia kerja; mengenal tanggung jawab dalam arti sebenarnya, melatih bagaimana bersikap terhadap orang yang lebih tua, lebih pandai, atau yang lebih rendah daripada si pemagang itu sendiri.

Lebih lagi, prosesi magang tersebut berada di sebuah kantor pusat lembaga tinggi negara, Badan Pemeriksa Keuangan atau yang lazim disingkat dengan BPK. Kantornya pak Anwar Nasution di jalan Gatot Subroto no.31. pemagang dari STAN berjumlah 125 orang yang dtempatkan di berbagai biro dan auditorat.

Sebelum magang, pemberkasan CPNS lulusan yang berasal dari STAN penempatan BPK (selanjutnya disebut BPK-STAN) berlangsung dalam satu setenagah hari. Hari Ahad tanggal 2 November 2008, briefing awal, perkenalan serta persiapan pemberkasan yang akan dilaksanakan esok harinya di Kantor Pusat. Seninnya, BPK-STAN disambut oleh Pak Mossi selaku Kabiro SDM. Selama minimal sebulan, BPK-STAN akan menjalani penempatan sementara (magang) di kantor pusat. Selanjutnya, pengisian form DRH, surat pernyataan, dan Riwayat Penempaan yang sangat menegangkan karena akan menentukan wilayah mana yang akan diberikan pada lulusan STAN tersebut. Pada pertengahan hari kedua, lulusan STAN dibagi dan diantar menuju ruang masing-masing untuk magang.

Kantor pusat BPK terdiri dari dua gedung, gedung Arsip dan satu lagi gedung Utama (gedung Umar Wirahadikusumah). Gedug Utama terdiri dari 11 lantai, sedang gedung arsip terdiri dari 8 lantai.

Seratus dua puluh lima orang BPK-STAN dibagi menjadi beberapa bagian. Ada yang mendapat dalam satu ruang belasan orang, misalnya di Biro SDM, ada pula yang satu ruang hanya satu orang. Tupoksi masing-masing berbeda, dan pengalamannya-pun pasti berbeda-beda. Pada AKN (Auditorat Utama Keuangan Negara) I misalnya, terdapat lulusan STAN yang ikut Pemeriksaan Stempat (PS) ke BMG, meski tidak dimasukkan dalam Surat Tugas karena belum diklat. Di AKN II yang membidangi keuangan Negara (Depkeu dan BI); BPK-STAN diperkenankan ikut dalam peer review (peninjauan ulang) Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP). AKN IV baru saja mengadakan konsinyering di hotel salama 3 hari. AKN V dilatih untuk Indexing (menyusun) KKP. Sedangakan di AKN VII yang memeriksa BUMN, BPK-STAN diminta untuk lebih memahami kondisi BUMN di Indonesia dengan membuat proyek Gambaran Umum BUMN (GU-BUMN).

Lembur di BPK paling banyak terjadi di Biro SDM, karena tahun ini terdapat proyek penerimaan pegawai S1 dan D3 di BPK. Lembur pertama menginput data pelamar dalam system konputer dan lembur kedua menempel foto pelamar ke KPU (Kartu Peserta Ujian). Uang lembur bisa digunakan sebagai tambahan uang saku.

Tanggal 1 Desember, BPK-STAN menerina uang tunjangan kegiatan (baca: uang saku) sebesar 1,9 juta untuk magang selam dua bulan (Nov-Des). Sedangkan TMT rencananya akan dimulai 1 Januari 2009. “Likuiditas Perusahaan” kembali terselamatkan. Semoga BPK-STAN diberi kelancaran dan kemudahan. Amin.

Posted November 14, 2016 by 4n1ef in Uncategorized

One response to “Magang awal di BEPEKA

Subscribe to comments with RSS.

  1. Hahaha…… jek iling ae, bos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s