Diklat ep. Satu   Leave a comment

Mulai tanggal 19 Januari kemarin, para CPNS BPK tahun 2009 mengikuti Diklat Pra Jabatan sebagai salah satu syarat pengangkatan menjadi PNS. Diklat ini diikuti oleh 219 orang yang terdiri dari D III STAN sebanyak 126 (125+1)  orang , D I STAN sebanyak 26 orang dan pegawai eks honorer sebanyak 43 orang. Pelaksanaan diklat dibagi menjadi dua tempat, yaitu bagi D III Akuntansi STAN, D I STAN dan eks honorer di Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPK di Jalan Binawarga II, Kalibata dan bagi D III Anggaran dan Perpajakan di Balai Diklat Makassar.

Para peserta diwajibkan potong rambut satu centi (cepak), memakai dasi dan lencana korpri. Sedangkan saat olahraga peserta diwajibkan memakai kaos berkerah dan celana training.

____

Wisma di Pusdiklat Kalibata terdiri atas enam lantai, dengan tipe kamar yang berbeda-beda. Untuk peserta diklat, satu kamar terdiri dari empat tempat tidur (tingkat) dan satu bathroom tiap kamar. Fasilitas per kamar cukup lengkap, antara lain meja sebanyak dua buah, almari pakaian, almati untuk buku dan AC. Kerapihan dan kebersihan kamar adalah satu syarat agar tidak ada hukuman dalam diklat kali ini. Instruktur dipercayakan kepada Rindam Jaya yaitu Bapak Sukamto dan Supangat.

Para peserta yang melakukan diklat di Kalibata diwajibkan hadir sehari sebelumnya untuk mengikuti gladi kotor pembukaan diklat.

Esoknya, opening ceremony dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.30, mundur tiga puluh menit dari jadwal. Akibatnya, materi-materi berikutnya menjadi kacau pengaturannya; terutama menyangkut waktu sholat yang sangat-sangat pendek. Materi pertama adalah Dinamika Kelompok lalu Sistemn Penyelenggaraan Pemerintah NKRI, dan setelah maghrib berlanjut dengan ceramah umum oleh Bapak Dwita Pradana.

Hari kedua diawali dengan senam pagi, lalu kuliah, coffee break, kuliah, ishoma, kuliah, extra pudding dan sholat, kuliah, pembersihan badan, ishoma dan ceramah umum. Pada jum’at malam tidak ada ceramah umum, namun diganti dengan tugas baca. Hari sabtu kemarin, latihan baris-berbaris serta tata upacara sipil yang dibimbing oleh para instruktur.

Posted Mei 14, 2016 by 4n1ef in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s