Excellent Service   Leave a comment

Merupakan tugas utama pemerintah untuk memberikan pelayanan yg terbaik kepada masyarakat. Tugas ini dibebankan kepada setiap pegawai negeri sipil atw PNS baik langsung maupun tidak langsung.
Pelayanan prima adalah pelayanan yg terbaik, karena sesuai dgn standar yg dimiliki oleh instansi pemberi pelayanan. Standar ini dibuat sesuai dgn keinginan dan harapan masyarakat. Tentu saja, perlu ada kesepahaman antara masyarakat dan penyelenggara agar tidak ada yg merasa dirugikan. Misalnya, dlm pengurusan SIM. Sebenarnya sdh ada standar yg baku, namun hny karena masyarakat yg tdk ingin repot (tdk perlu ke loket ini dan itu), akhirnya memilih melalui calo. Demikian juga dgn aparatnya, shrsnya menolak bkerjasama dgn para calo tersebut.
Pelayanan dapat dibagi mjd tiga, yaitu core service, facilitating service dan supporting service. (lihat Gonros,1990)
Dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, masih sering terdapat keluhan adanya uang pungli, berbelit-belitnya pelayanan atau lamanya pelayanan yg diberikan. Belum lagi ditambah dengan petugas yang kurang ramah. Bahkan muncul istilah2.. “kalau bisa dipersulit, kenapa dipermudah” atau “mau lewat ‘jalan tol atw yg biasa?”. Dan sebagainya.
Untuk itulah, pelayanan prima mendesak untuk dilakukan. Dalam reformasi administrasi negara, perbaikan pelayanan adalah kunci kepercayaan masyarakat kepada pemerintahnya. Adapun kepercayaan adalah modal awal kolaborasi dan partisipasi masyarakat dalam program2 pembangunan.

*disarikan dr materi Diklat Prajabatan, Pelayanan Prima.

Posted Desember 14, 2015 by 4n1ef in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s