Anggota Dewan   Leave a comment

“Waktu itu, aku sedang menyiapkan anggaran untuk instansi yang aku pimpin, Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil). Ada utusan dari dewan yang menyatakan jika ingin anggaran Badan ditambah seratus juta, maka masukkanlah anggaran perjalanan dinas sebesar dua ratus juta untuk anggota dewan. Masya Alloh, jumlah yang sangat besar. Akupun mendatangi pimpinan dewan. Lalu katanya sambil jalan, ‘ya kan kalau dua ratus juta itu untuk 14 orang, separuhnya ajalah sekarang yang berangkat’….

Untunglah waktu itu bulan Desember (sebelum anggaran disahkan), ada pemeriksaan di kantor dan menyatakan bahwa itu adalah hal yang tidak benar. Tidak ada anggaran dinas/UPTD/Satker yang tujuannya untuk membiayai perjalanan dinas anggota dewan. Sampai sekarang, aku masih dianggap pengecut oleh sebagian anggota dewan. Hufff….
Pernah suatu kali, ada seorang teman yang ahli di bidang hukum menjelaskan tentang penetapan Peraturan Daerah (Perda) dalam suatu sidang dewan. Dalam salah satu aturan Perda ada yang tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP). Tiba-tiba ada seorang anggota dewan yang menginterupsi, ‘udahlah, yang penting Perdanya ditetapkan, tidak usah melihat PP-nya’. Lalu temanku itu menyahut, ‘apa Bapak tidak tahu hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia??’ Akhirnya, temanku itupun menambah ceramahnya pada anggota dewan.”

Teman-teman, beginilah potret kecil anggota dewan yang kita hormati, yang dipilih oleh sebagian besar masyarakat awam. Sebagian besar dari mereka, adalah orang yang belum paham tentang aturan-aturan di pemerintahan. Yang mereka tahu, hanyalah uang gaji, sidang dan tunjangan. Mereka yang pandai bicara retorika kesatuan, kesejahteraan, keadilan dan persatuan bangsa. Saat kampanye, janji diobral oleh partai pengusung mereka, men-tazkiah diri mereka sendiri sebagai satu-satunya partai pembela kepentingan wong cilik. Caleg dari artis dan bintang film akan menghiasi kantor-kantor DPR dan DPRD. Dan saat sidang, aku tak tahu apa yang sedang mereka lakukan.

Semoga ke depan, aka ada sistem yang lebih baik dari sistem yang ada sekarang.

Posted Juli 14, 2014 by 4n1ef in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s