Confessions of an Economic Hit Man   Leave a comment

Sebelum berbicara banyak tentang sebuah buku ini, aku mengucap syukur tak terkira bahwa meskipun aku telat membacanya – buku ini terbit tahun 2004 – tapi setidaknya aku pernah membacanya. Dan buku ini yang telah mengubah sebagian besar paradigma-ku selama aku belajar di ekonomi kapitalis. Aku paham, masih banyak aku-aku lain yang (mungkin) merasa terjebak dalam sistem ini, dan semoga sedikit coretan ini – klo mau banyak ya beli sendiri bukunya ya – bisa memberikan inspirasi bagi rekan-rekan sekalian. Tulisan ini bukan pula hanya dimaksudkan untuk menepuk air di dulang terpercik muka sendiri, tapi bisa memberi semangat dalam belajar sistem ekonomi yang lebih baik, yaitu sistem ekonomi Islam.

Apa itu EHM?

Economic Hit Man (EHM) adalah professional berpenghasilan sangat tinggi yang menipu Negara-negara di seluruh dunia. Mereka menyalurkan uang dari Bank Dunia, USAID, dan organisasi “bantuan” luar negeri lainnya menjadi dana korporasi-korporasi raksasa dan pendapatan beberapa keluarga kaya yang mengendalikan sumber-sumber daya alam planet bumi ini. Sarana mereka meliputi laporan keuangan yang menyesatkan, pemilihan yang curang, penyuapan, pemerasan, seks dan pembunuhan. Mereka memainkan permainan yang sama tuanya dengan kekuasaan, sebuah permainan yang telah menentukan dimensi yang baru dan mengerikan selama era globalisasi. Aku tahu itu; aku adalah seorang EHM.

Begitu tulisan pertama dalam buku ini. Kisah selanjutnya bertutur tentang seluk-beluk seorang John Perkins –pengarang buku ini – dalam ‘usahanya’ mengubah dunia menjadi ‘lebih baik’.  Ia telah berada di Indonesia untuk membuat prediksi yang berlebihan terhadap pertumbuhan ekonomi yang dipicu oleh investasi di bidang listrik, berada di Panama dalam rangka negoisasi dengan presiden Omar Torrijos, berada di Arab Saudi demi mendapat pertukaran minyak dengan fasilitas kelas satu dunia dan banyak tempat lainnya.

Ia menulis dalam Kata Pengantar buku ini,, ‘Beberapa orang akan menyalahkan adanya konspirasi yang terorganisasi untuk permasalahan kita sekarang. Seandainya saja itu demikian sederhananya. Anggota sebuah konspirasi dapat dibasmi dan diseret ke muka pengadilan. Akan tetapi, sistem ini dimotori oleh sesuatu yang jauh lebih berbahaya daripada konspirasi. Sistem ini tidak dikemudikan oleh segerombolan kecil manusia, tetapi oleh sebuah konsep yang telah diterima sebagai sebuah doktrin, gagasan bahwa semua pertumbuhan ekonomi bermanfaat bagi umat manusia dan bahwa makin besar pertumbuhan itu, makin meluas manfaatnya.  Keyakinan ini juga mempunyai konsekuensi: bahwa orang-orang yang menyalakan api pertumbuhan ekonomi seyogyanya diagungkan dan dihadiahi, sementara mereka yang dilahirkan sebagai golongan pinggir disediakan untuk dieksploitasi.

Konsep ini tentu saja salah. Kita tahu bahwa di banyak Negara, pertumbuhan ekonomi hanya bermanfaat bagi segelintir penduduk dan mungkin sesungguhnya mengakibatkan keputusasaan yang makin meningkat bagi mayoritas penduduknya.’ Yang kaya makin kaya,, miskin semakin miskin.

Apa yang dilakukan para EHM?

Pada bagian Pendahuluan, ia menulis, ‘inilah yang kami para EHM upayakan dengan sebaik-baiknya: kami membangun kekuasaan global. Kami adalah sekelompok laki-laki dan perempuan elite yang memanfaatkan organisasi keuangan internasional untuk menimbulkan kondisi yang menjadikan bangsa-bangsa lain tunduk pada corporatocracy yang menjalankan korporasi kami yang paling besar, pemerintah kami dan perbankan kami. Seperti rekan sejawat kami di Mafia, para EHM bermurah hati. Ini berbentuk pinjaman untuk mengembangkan infrastruktur – pembangkit tenaga listrik, jalan raya, pelabuhan, bandar udara, atau kawasan industri. Sebuah syarat pinjaman seperti itu adalah bahwa perusahaan rekayasa dan konstruksi dari kamilah yang mesti membangun semua proyek itu. Pada hakikatnya, sebagian besar uang itu tidak pernah meninggalkan Amerika Serikat; uang itu hanya ditransfer dari kantor perbankan di Washington ke kantor bagian rekayasa di New York, Houston atau San Francisco.’

Posted Mei 14, 2014 by 4n1ef in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s