Elektabilitas partai, pluralitas dan demokrasi   Leave a comment

Jadwal hari terakhir kampanye tahun 1998 saat itu adalah PDI-P dan PKS. Kami, anak muda berkaos putih tetap berkendara meski kadang bertemu dengan anak muda berbaju merah yang naik motor tak karuan. Langit mendung hampir hujan sore itu menambah khawatir hati saya dan teman di belakang saya karena tak membawa mantel. Tapi tak apalah, semoga partai ini, suatu hari nanti akan menjadi partai Islam yang besar. Demikian tinggi harapan kami, dan kebetulan perolehan suara saat itu sudah lumayan karena masuk sepuluh besar.

Saya bukan kader, waktu itu saya hanya simpatisan. Simpatisan sebuah organisasi ke’ummat’an. Organisasi yang dulunya berjuang di areal dakwah di parlemen. Organisasi yang mempopulerkan nasyid sampai ada band nasyid.

Sampai pada saat itu terdapat berita penolakan dukungan Piagam Jakarta oleh organisasi tersebut, karena organisasi tersebut mengusung Piagam Madinah, bukan Piagam Jakarta. Mungkin seorang kader akan menganggap Piagam Madinah lebih bagus, namun bagi saya tidak.

Lepas dari kekecewaan tersebut, pada tahun 2004 saya masih mengharapkan partai tersebut berubah. Memang sangat banyak kekurangan, mulai dari ikut hal yang bid’ah sampai pada tidak menanggapi isu religius seperti haramnya merokok atau penggembosan aktivis dakwah dengan cap “teroris”. Tahun 2008, saya sudah tidak sempat ikut mendukung karena sudah jauh dari kampung halaman.

Pada akhirnya, setelah saya baca keputusan Munas partai tersebut untuk membuka diri dan Islam bukan menjadi ideologi tertinggi, saya sudah lepas harapan. Mohon maaf pada teman-teman semuanya. Meminjam istilah dari web PKS Watch, ‘Kini, alhamdulillah, saya mulai bisa melepaskan PKS dari hati saya, dari pikiran saya, dan saya malah merasa plong. Selamat tinggal PKS. Pembicaraan dan pikiran mengenai PKS sudah sama sekali tidak menarik minat saya lagi, sudah sama seperti ketika membicarakan partai-partai politik yang lain.’ Mau dibawa kemana partai kita semua…

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Partai_Keadilan_Sejahtera
http://urangsunda.blog.friendster.com/tag/pks/
http://www.jawapos.com/halaman/index.php?act=detail&nid=140945
http://pkswatch.blogspot.com/
http://www.pk-sejahtera.org/v2/index.php?op=isi&id=9173
http://nasional.kompas.com/read/2010/06/20/1746359/PKS.Dicela.dan.Dipuja
http://munaspks.info/liputan/apakah-ariel-dan-luna-bisa-jadi-anggota-pks.htm

Posted April 14, 2014 by 4n1ef in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s