Hendak ke mana Anda berlari?   Leave a comment

Pagi ini saya baru tiba di Makassar setelah dua hari di Palopo. Saya dan rekan kerja, Fitro Wijaya, melakukan rekonsiliasi Barang Milik Negara. Kalau cuman rekon, itu biasa saja karena sudah sering saya bersama beliau rekon. Namun rekon kali ini berbeda, apa bedanya?

Sejak akhir bulan Juni, saya mengira kami akan diberangkatkan hari Kamis malam tanggal 30 Juni. Otomatis, rekon saya dengan KPPN Makassar II hanya akan berjalan lewat internet. Okelah, saya udah siapkan rekap SPM dan Sp2D, lalu memasukkannya ke aplikasi SAKPA.

Rencana berubah, saya dapat kabar rekon BMN yang diundur ke tanggal 3 Juli atau hari Senin, sehingga kami berangkat hari Ahad malam. Alhamdulillah, rekon lewat internet yang masih banyak salah bisa terselesaikan di tanggal 1 Juli (ga punya hutang). Untuk neraca, saya masih menunggu itung-itungan Fitro untuk saya masukkan ke aplikasi saya.

Sabtu sore sudah beres semua katanya. Ahad pagi saya langsung cetak neraca, tapi saya lihat lagi di akun Aset Tetap Lainnya, saldonya belum berubah. Siangnya saya kasih tahu ke petugas SIMAK nya ada SP2D belum diinput….. kontrak buku perpustakaan dengan jumlah barang 400 lebih. Mulailah menginput dari sore hingga malam jam delapan (sampe GP 500 nya selesai). Padahal itu sudah beli tiket bis Makassar-Palopo jam setengah sepuluh malam.

Mengejar empat ratus barang dengan nilai kecil-kecil,kami kewalahan. Angkanya sampai dengan keberangkatan masih belum cocok. Akhirnya kami naik bis dulu (Bintang Prima Scania) ke Palopo.

Begitu tiba di Palopo, Fitro menghitung kembali barang yang kecil-kecil itu. Alhamdulillah, cocok. Tidak usah bertanya bagaimana kami mengerjakan laporan barang dan neraca yang butuh usaha tersendiri. Sampai di KPKNL, kami dikejutkan dengan adanya aplikasi update terbaru yang menggunakan SIMAK BMN versi 2010 L (ingat harus ada L-nya). Padahal dokumen sumber yang ada tidak ada yang dibawa kecuali kontrak buku perpustakaan…. Alhamdulillah, ternyata yang ga boleh itu yang versi Demo, kalau versi 2010 sudah bisa di back-up – restore.

Setelah kembali dari KPKNL, saya membuka email. Kok ya pas sekali ada email format laporan keuangan semester I tahun 2011. Belum sempat rasanya badan ini istirahat, sudah ada tugas baru lagi. Padahal tugas kuliah juga menumpuk, ujian berlangsung minggu ini, dan skripsiku bab empat masih nol.

Untunglah, diantara aktivitas-aktivitas itu, ada sholat wajib yang membuatku tersadar, bahwa itu semua amanah yang harus ditunaikan. Sholat untuk meminta pertolongan pada Yang Diatas dan menyadari bahwa kita hanyalah perencana yang baik serta tidak ada kekuatan selain dari-Nya. Masih sempat tilawah, yang mengingatkan tentang balasan yang baik di akhirat kelak adalah bagi mereka yang selalu berbuat baik. Tidak mendengki orang lain, selalu bersabar dan bersyukur di setiap keadaan. Kemana lagi kita harus berlari, selain pada Ilahi Robbi.

 

copas dari Multiply ku yang udah mau tutup,

Jul 5, ’11 7:49 PM
for everyone

Posted April 17, 2013 by 4n1ef in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

