KOMITMEN ORGANISASI   Leave a comment

Komitmen organisasi adalah ….

  1. Keinginan kuat untuk menjadi anggota organisasi
  2. Keinginan untuk berusaha keras untuk mencapai tujuan organisasi
  3. Keyakinan untuk mau menerima nilai-nilai dan tujuan organisasi

Tiga aspek ideal organisasi yang maju: Konseptor — Technical — Technology

Tiga dimensi komitmen organisasi:

  1. Komitmen efektif, keterikatan emosional dan keterlibatan dalam organisasi
  2. Komitmen berkelanjutan, berdasarkan kerugian yang ditimbulkan, misalnya kehilangan senioritas
  3. Komitmen normatif, perasaan wajib kenapa ada organisasi tersebut.

Pedoman khusus untuk mengimplementasikan sistem manajemen yang memungkinkan membantu memecahkan masalah dan meningkatkan komitmen organisasi

  1. Komitmen pada nilai2 manusia: mem buat aturan tertulis, bekerja secara baik dan benar, mempertahankan komunikasi
  2. Memperjelas dan mengkomunikasikan misi: memperjelas misi dan ideologi, kharisma, perekrutan berdasarkan nilai
  3. Menjamin keadilan organisasi: prosedur penyampaian keluhan, menyediakan komunikasi dua arah
  4. Menciptakan rasa komunitas
  5. Mendukung perkembangan karyawan: melakukan aktualitas, memberi penugasan yang menantang, memberdayakan, dan promosi

Posted Desember 1, 2010 by 4n1ef in college, Perilaku Keorganisasian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s