Analisa Pasar   Leave a comment

Istilah pasar mempunyai banyak arti dan penggunaan dari waktu ke waktu. Ada tiga pandangan tentang pasar:

  1. Menurut pandangan umum/tertua: pasar adalah sebagai tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertahankan barang dan jasa.
  2. Menurut pandangan ekonom: pasar adalah menggambarkan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam jual beli nyata atau potensial beberapa barang / jasa.
  3. Menurut pandangan pemasar: pasar adalah merupakan seperangkat orang atau organisasi yang terdiri dari pembeli yang nyata atas barang dan jasa.

Pasar dapat dibagi dalam empat golongan:

  1. Pasar konsumen
  2. Pasar produsen
  3. Pasar pembeli/menjual kembali
  4. Pasar pemerintah

Untuk memahami sifat2 operasi pasar, maka pemasar dapar mengembangkan pemahaman yang baik terhadap setiap pasar dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:

  1. Siapa yang ada di pasar
  2. Apa yang dibeli
  3. Kapan membelinya
  4. Siapa yang terlibat dalam pembelian
  5. Mengapa membeli
  6. Bagaimana pembelian dilakukan

Posted Mei 9, 2010 by 4n1ef in college, manajemen pemasaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s