Orientasi Perusahaan terhadap Pasar   Leave a comment

Yaitu macam2 konsep yang mempengaruhi aktivitas pemasaran menurut pendapat ahli ekonom. Pengertian manajemen pemasaran adalah usaha2 yang dilakukan secara sadar untuk mencapai hasil2 pertukaran yang diinginkan dengan pasar2 yang menjadi tujuan. Menurut Philip Kotler, terdapat lima konsep yang satu sama lain saling melengkapi yang merupakan landasan bagi kegiatan pemasaran perusahaan dan organisasi2 lain. Adapun konsep tersebut adalah:

  1. Konsep produksi
  2. Konsep produk
  3. Konsep penjualan
  4. Konsep pemasaran
  5. Konsep kemasyarakatan

Konsep produksi

Konsep produksi berpendapat bahwa para pelanggan akan menyukai produk2 yang tersedia secara luas dan harganya murah. Manajemen dalam organisasi yang berorientasi produksi mengerahkan segenap upayanya untuk efisiensi produksi dan distribusi yang luas.

Unsur2 yang terdapat dalam konsep produksi yaitu:

  1. Para konsumen terutama memperhatikan tersedianya produk2 dan harga2 yang rendah.
  2. Para konsumen mengetahui harga merek2 yang bersaing
  3. Konsumen tidak melihat/menekankan pentingnya persaingan dalam harga di dalam kelas produk.

Tugas organisasi adalah mengusahakan agar produksi terus menerus diperbaiki dan begitu pula efisiensi distribusi dan menekan biaya sebagai kunci menarik dan mempertahankan pembeli.

Konsep produk

Para konsumen akan menyukai produk2 yang memberinya kualitas penampilan dan ciri2 yang sangat baik. Manajemen dalam organisasi yang berorientasi pada produk demikian memusatkan energy mereka untuk membuat produk yang baik dan terus menerus meningkatkan mutu produk tersebut. Unsur2 yang terdapat dalam konsep produk yaitu:

  1. Para pembeli terutama tertarik pada kualitas produk.
  2. Para pembeli mengetahui kualitas dan perbedaan2 sifat merk yang bersaing.
  3. Para pembeli memilih antara merk yang bersaing atas dasar keinginan untuk mencapai kualitas terbaik.

Tugas organisasi yaitu terus menerus berusaha memperbaiki kualitas produk sebagai kunci untuk menarik dan mempertahankan pembeli.

Siklus kehidupan produk

  1. Pengenalan produk
  2. Pengembangan produk
  3. Kedewasaan produk

  4. Kemunduran produk

Konsep penjualan

Konsep penjualan mengatakan bahwa konsumen apabila dibiarkan sendiri biasanya tidak akan membeli banyak produk. Oleh karena itu, organisasi tersebut harus melakukan usaha2 penjualan dan promosi yang gencar.

Unsur2 yang terdapat dalam konsep penjualan yaitu:

  1. Konsumen mempunyai kecenderungan normal untuk tidak melakukan pembelian produk yang tidak penting.
  2. Para pembeli dapat dirangsang untuk melakukan lebih banyak pembelian melalui alat2 atau cara merangsang penjualan.

Tugas organisasi yang bersangkutan adalah mengorganisasi sebuah departemen yang sangat kuat berorientasi pada penjualan sebagai kunci untuk menarik dan mempertahankan para pembeli.

Konsep pemasaran

Mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan dalam organisasi adalah pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kekuatan yang diinginkan dengan lebih efektif dan efisien dari pesaing.

Unsur-unsur yang terdapat dalam konsep ini adalah:

  1. Konsumen dapat dikelompokkan ke dalam segmen pasar yang berbeda tergantung dari kebutuhan dan keinginannya.
  2. Konsumen dalam suatu segmen pasar tertentu lebih menyenangi atau tertarik akan apa yang ditawarkan perusahaan atau organisasi yang dapat langsung memenuhi kepuasan dan keinginan tertentu dari mereka.

Tujuan organisasi yaitu melakukan riset dan memilih pasar yang dijadikan tujuan serta mengembangkan penawaran yang efektif.

Marketing mix: variabel2 yang dapat meningkatkan jumlah penjualan, terdiri dari: Produk, Price, Promotion and Distribution.

Seorang bernama Levitt menarik perbedaan yang tajam antara konsep penjualan dan konsep pemasaran yaitu:

  1. Konsep penjualan memfokuskan pada kebutuhan Penjual, sedangkan konsep pemasaran memfokuskan pada kebutuhan Pembeli.
  2. Konsep penjualan sibuk dengan kebutuhan penjual untuk mengubah produknya menjadi kas/uang kontan, sedangkan Pemasaran sibuk dengan Pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengonsumsian.

Posted April 25, 2010 by 4n1ef in college, manajemen pemasaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s