Pendekatan Tradisonal dalam Perumusan Teori Akuntansi   Leave a comment

Hakikat Akuntansi

AICPA menyatakan, “akuntansi adalah seni pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran, dengan aturan baku dan dalam satuan mata uang, transaksi dan peristiwa yang paling tidak sebagian darinya, memiliki karakter keuangan dan selanjutnya interpretasi atas hasilnya”

Terdapat beberapa gambaran yang telah membentuk perkembangan akuntansi keuangan, yaitu: akuntansi sebagai ideology, bahasa, catatan historis, realitas ekonomi, sistem informasi, komoditas, mitos, alasan logis, perumpamaan, percobaan, dan distorsi masa kini.

Penyusunan dan verifikasi teori

Penyusunan teori akuntansi timbul dari adanya kebutuhan untuk memberikan pemikiran mengenai apa yang dilakukan atau diharapkan oleh para akuntan. Proses penyusunan ini harus diselesaikan oleh verifikasi teori atau validasi teori, baik melalui uji konsistensi atau percobaan penerapan teori tersebut dalam dunia nyata.

Hakikat teori akuntansi

Teori didefinisikan sebagai “suatu rangkaian gagasan/konsep, definisi dan usulan yang saling berhubungan yang melambangkan suatu pandangan sistematis atas fenomena melalui penentuan hubungan yang ada diantara variable-variabel  dengan tujuan untuk menjelaskan dan meramalkan fenomena”.

Metodologi dalam Perumusan Teori Akuntansi

Terdapat dua metodologi dalam perumusan teori, yaitu metodologi yang bersifat deskriptif (teori deskriptif akuntansi) yang berusaha menjustifikasi beberapa praktik akuntansi yang dianggap berguna, dan metodologi yang bersifat normative (teori normative akuntansi) yang menjustifikasi apa yang seharusnya terjadi.

Pendekatan untuk Perumusan Teori Akuntansi

Terdapat dua pendekatan, yakni pendekatan nonteoritis (praktis atau pragmatis) dan teoritis (berupa pendekatan deduktif, induktif, etis, sosiologi dan ekonomi.

Pendekatan Selektif untuk Perumusan Teori Akuntansi

Secara umum, perumusan teori dan prinsip akuntansi telah mengikuti pendekatan selektif atau kombinasi dari berbagai pendekatan, bukan hanya satu dari pendekatan tersebut di atas.

Posted Februari 23, 2010 by 4n1ef in college, teori akuntansi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s