Sejarah dan perkembangan akuntansi   Leave a comment

Bab ini membicarakan tentang sejarah awal mula pencatatan dan pembukuan, hingga terbentuk akuntansi modern pada saat ini.

Sejarah awal akuntansi

Yamey, B.S menulis dalam bukunya “jika kita ingin melacak ilmu yang penting ini kembali ke asal-usulnya, kita secara alamiah akan menganggap penemuan pertamanya akan berasal dari pedagang yang pertama; dan tidak ada seorangpun yang layak mengklaim hal tersebut pada masa itu, selain orang-orang Arab”.

Nama Luca Pacioli, yang diasosiasikan dengan pengenalan pembukuan pencatatan berpasangan untuk pertama kali, sebenarnya menguraikan apa yang dipraktikkan pada masa itu di Italia.

Akuntansi dan Kapitalisme

Terdapat dua pendapat apakah pencatatan berpasangan menjadi bagian tak terpisahkan dari keberhasilan perusahaan perusahaan dalam mencapai laba. Winjun mengatakan, “sistem pembukuan pencatatan berpasangan memang memiliki kemampuan untuk membuat kontribusi yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Kapasitas dari pencatatan berpasangan dalam mengumpulkan data mengenai masing-masing aktivitas operasi, digabungkan dengan kemampuannya untuk menata urusan dan akun-akun mereka, akan merangsang dan merasionalisasikan aktivitas-aktivitas dari para pedagang Inggris”.

Relevansi Sejarah Akuntansi

Berkaitan dengan praktik akuntansi, sejarah akuntansi dapat memberikan penilaian yang lebih baik atas praktik-praktik yang berlaku dengan melakukan perbandingan terhadap metode-metode yang pernah digunakan di masa lalu.

Teori akuntansi internasional, terdiri dari teori universal (dunia), teori multinasional, teori komparatif, teori transaksi-transaksi internasional dan teori translasi.

Harmonisasi

Untuk mengatasi perbedaan akuntansi antar Negara, perlu harmonisasi standar akuntansi. Sebagaimana contohnya, konvergensi penerapan IFRS ke dalam standar PSAP yang dilakukan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI.

Posted Januari 27, 2010 by 4n1ef in college, teori akuntansi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s