Operational Supporting Cost of the Governor/Mayor/Regent   2 comments

Melaksanakan amanah rakyat sebagai kepala daerah bukan hal yang gampang. Kepala daerah yang terpilih seharusnya melaksanakan apa yang sudah menjadi janji-janji kampanyenya. Realisasi tersebut dituangkan dalam rencana strategis pemerintah daerah setiap lima tahun. Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala dan wakil kepala daerah berhak mendapatkan kendaraan dinas, rumah dinas dan biaya-biaya lain yang diperlukan dalam tugasnya sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah.

Dalam PP No.109 tahun 2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah disebutkan bahwa kepala dan wakil kepala daerah berhak mendapatkan biaya penunjang operasional untuk koordinasi, penanggulangan kerawanan sosial masyarakat, pengamanan dan kegiatan khusus lainnya guna mendukung pelaksanaan tugas Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Besarnya biaya penunjang operasional tersebut dibedakan antara kepala provinsi (governor) dan kepala kotamadya (mayor)/kabupaten (regent) tergantung dari Pendapatan Asli Daerah masing-masing.
Pendapatan asli daerah (PAD) masing-masing daerah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), begitu pula dengan penetapan besarnya biaya penunjang operasional kepala daerah.

Permasalahan akan timbul ketika dalam realisasinya, terdapat selisih antara estimasi PAD dengan biaya yang sudah dibebankan. Jika biaya penunjang yang dibebankan kurang dari interval besaran nilai PAD, apakah kepala daerah perlu diberi bonus akhir tahun sehingga masuk dalam interval tersebut. Begitu juga apakah bila biaya penunjang melebihi jumlah PAD yang dapat terkumpul, apakah kepala daerah juga mempunyai keharusan untuk mengembalikan biaya yang telah dibebankan tersebut.

Pemecahan masalah ini sampai saat ini masih dipegang oleh kebijaksanaan pemeriksa. Ada saran dari teman-teman?

Posted Mei 11, 2009 by 4n1ef in Pemeriksaan

2 responses to “Operational Supporting Cost of the Governor/Mayor/Regent

Subscribe to comments with RSS.

  1. mampir gan.
    maen2 yak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s