Preview Maryamah Karpov   Leave a comment

Terima kasihku pada Akhy Deriyanto yang telah berkenan membeli buku ini satu hari setelah launching Jum’at minggu lalu. Buku yang selalu menarik perhatianku sejak dari episode Laskar Pelangi dulu.

Buku ini dibagi menjadi 73 mozaik, yang garis besarnya menceritakan kisah Ikal setelah kembali dari Univ.Sorbonne, Prancis.

Orang yang tak berijazah tak boleh naik pangkat, begitulah nasib ayah Ikal. Zaman berganti zaman, namun hal tersebut tetap bertahan. Setelah tesis yang mendebarkan, akhirnya Ikal punya ijazah,,,lulus dan pulang naik kapal. Sampai di Belitong, Ikal bertemu dengan Bang Zaitun yang dengan sukacita menggembirakan hati penumpang busnya dengan meninggikan orang lain.

Mozaik 15 mengawali kisah Ikal mencari A Ling. Pergi meninggalkan kampungnya yang tak berubah meski Ikal udah berkelana dari ujung barat Federasi Rusia berbatasan dengan Mongolia sampai Cote d’ivoire – Ivory Coast alias Pantai Gading di ujung timur Afrika. Berlanjut ke mozaik 33, dimana ditemukan mayat bertato kupu-kupu seperti punya A Ling. Kemudian, mulailah perjalanan mencari A Ling dimulai, dari yang membuat Ikal banting tulang mencari uang,, sampai impian Ikal membuat sendiri perahu yang akan ditumpanginya menjemput A Ling. Kapal ‘Mimpi-Mimpi Lintang’ akhirnya selesai dan siap berangkat ke pulau Batuan, berkat jasa Laskar Pelangi dan teman-teman Ikal. Perjalanan kapal sampai akhirnya bertemu dan berhasil membawa pulang A Ling, diceritakan pada mozaik 58-66.

Ada tiga kisah menarik lain di buku ini. Kisah pertama adalah adanya dokter gigi baru yaitu Dokter Diaz di kampung Belitong. Pada awalnya, beliau disambit dengan sukacita, namun tetap saja kliniknya sepi karena tidak ada yang mau diperiksa oleh Dokter tersebut. Sampai akhirnya, Ikal yang menjadi pasien pertama Dokter Diaz. Kisah kedua adalah kisah Arai yang berhasil menaklukkan hati Zakiah yang dipuja-pujanya. Selain itu, ia juga mendapat beasiswa ke London. Kisah ketiga adalah tentang uniknya julukan-julukan orang Melayu Belitong.

Penamaan Maryamah Karpov sendiri berasal dari Mak Cik Maryamah Karpov yang mempunyai anak Nurmi, seorang pemain biola (lihat hal 276). Dalam novel ini juga dilengkapi arti kata Hirata yang diucap berulang lima kali menjadi akhirat… (coba aja klo ga percaya).

The last word: Curilah ia dari ayahnya… Artinya? Baca sendiri novelnya!!!

Posted Desember 12, 2008 by 4n1ef in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s