Penyusunan RKA KL 2010   3 comments

Pengertian RKA-KL

Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan suatu Kementerian Negara/Lembaga dan sebagai penjabaran dari Rencana Kerja Pemerintah dan Rencana Kerja Kementerian Negara/Lembaga yang bersangkutan dalam satu tahun anggaran serta anggaran yang diperlukan untuk melaksanakannya.

memang seperti itu, pemerintah adalah organisasi yang perlu manajemen organisasi,, POAC. RKA KL adalah salah satu dokumen Planning tersebut. Di dalamnya termuat apa yang tahun depan akan dilakukan di tahun depan dan pagu anggarannya. Dokumen ini penting karena setiap yang dilakukan pemerintah harus ada dokumen dan anggarannya. Pengeluaran yang tidak ada anggarannya tidak akan bisa masuk dalam Mata Anggaran Kegiatan (MAK), kecuali kalau dipaksakan (hehe)…

okay,, sekarang gimana sih cara bikin rka kl?

dalam buku diktat sudah ada jawabannya sebenarnya, tapi okelah,, dasar teori harus ada dulu sebelum realisasi… (lengkapnya di PP no.21 tahun 2004)

  1. Prioritas Pembangunan Nasional dan Pagu Indikatif. Penerbitan Surat Edaran Bersama Menteri Perencanaan dan Menteri Keuangan tentang prioritas pembangunan nasional dan pagu indikatif. Di tahun 2010 ini sudah ada SEB 1223 tentang hal ini, bila dilihat dalam pagu indikatifnya, BPK mendapat dana sebesar 2.077.973,5 juta rupiah, meningkat dari tahun 2009 sebesar 1.795.441,0 juta rupiah.
  2. Penyusunan Renja KL
    Mengacu pada prioritas pembangunan nasional dan pagu indikatif, Kementerian Negara/Lembaga menyusun Rencana Kerja Kementerian Negara/Lembaga (Renja-KL) yang memuat
    a. Kebijakan.
    b. Program.
    c. Kegiatan.
    d. Sasaran Kinerja.
    e. Pagu indikatif untuk tahun anggaran yang sedang disusun.
    f. Prakiraan maju untuk tahun anggaran berikutnya.
  3. Sampai saat ini kami belum menemukan file renja BPK
  4. Penelaahan Renja-KL
    Penelaahan Renja-KL oleh Kementerian Perencanaan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan.
  5. Penetapan Pagu Sementara
    Penetapan pagu sementara per program melalui Surat Edaran Menteri Keuangan (bulan Juni).
  6. Penyusunan RKA-KL
    Berdasarkan pagu sementara, Kementerian Negara/Lembaga menyesuaikan Renja-KL menjadi RKA-KL yang dirinci menurut unit organisasi dan kegiatan.
  7. Sebenarnya bisa disusun setelah juni ini, tapi mulai april ini, di BPK Perw. Sulbar dan satker2 yang lain biasanya sudah mulai menyusun untuk dibahas (pembahasan di satker pusat yang ada di daerah biasanya lebih lama karena di pusat ada pembahasan lanjutan lagi).
  8. Pembahasan RKA-KL oleh DPR
    Pembahasan RKA-KL oleh Kementerian Negara/Lembaga bersama komisi terkait di DPR. Penyampaian hasil pembahasan RKA-KL kepada Kementerian Perencanaan dan Kementerian Keuangan.
  9. Penelaahan RKA-KL hasil pembahasan
    Penelaahan kesesuaian RKA-KL hasil pembahasan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) oleh Kementerian Perencanaan. Penelaahan kesesuaian RKA-KL hasil pembahasan dengan surat edaran Menteri Keuangan tentang pagu sementara, prakiraan maju yang disetujui, standar biaya.
  10. Penyusunan Nota Keuangan dan RAPBN. Menteri Keuangan menghimpun RKA-KL. Himpunan RKA-KL bersama-sama Nota Keuangan dan RAPBN dibahas dalam Sidang Kabinet. Penyampaian Nota Keuangan dan RAPBN beserta himpunan RKA-KL ke DPR. Pembahasan Nota Keuangan, RAPBN dan Himpunan RKA-KL antara Pemerintah dan DPR. Penetapan UU APBN (akhir Oktober) oleh DPR
  11. Penetapan Kepres tentang Rincian APBN
    RKA-KL yang disepakati DPR ditetapkan dalam Kepres tentang Rincian APBN (akhir Nopember).
  12. Penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran. Penyusunan konsep dokumen pelaksanaan anggaran berdasarkan Kepres tentang Rincian APBN oleh Kementerian Negara/Lembaga. Penyampaian konsep dokumen pelaksanaan anggaran kepada Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN). Penelaahan dan pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran oleh Menteri Keuangan (31 Desember)

Realisasi yang ada pada satker pusat yang ada di daerah, seperti BPK Perwakilan yang merupakan kepanjangan tangan dari BPK yang ada di Jakarta, proses penyusunan RKA-KL sudah dimulai dari bulan Mei. Hal ini dilakukan karena akan ada pembahasan di tingkat perwakilan dulu sebelum diserahkan ke BPK Pusat (sebagaimana yang telah dijabarkan di atas).

RKA-KL terdiri dari program, kegiatan, sub kegiatan, rincian kegiatan dan kode mata anggaran kegiatan (MAK) yang diatur tersendiri dalam PMK No.91 tahun 2007 tentang Bagan Akun Standar (BAS). Sejauh ini telah ada program dari Departemen Keuangan berkaitan dengan RKA-KL yaitu Aplikasi RKA-KL. Untuk pengolahannya, kita perlu memasukkan database dulu dari RKA-KL yang sudah disetujui. Kita juga harus bisa merencanakan kegiatan apa saja yang mendukung suatu belanja, karena bila ada belanja yang tidak ada dalam perencanaan anggaran (dalam hal ini adalah RKA-KL), maka belanja tersebut tidak dapat diganti. Di sini diperlukan kreatifitas PPK dan bendahara untuk mengadakan suatu kegiatan demi kepentingan kantor (BUKAN kepentingan diri atau kelompoknya sendiri).

Untuk penyusunan RKA-KL 2010, Menteri Keuangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan No.1 tahun 2009 tentang Standar Biaya Umum tahun 2010. SBU ini berisi berapa belanja maksimal dari suatu MAK. SBU ini juga memberi penjelasan lebih lanjut tentang kegiatan apa saja yang dapat dikeluarkan dari suatu MAK tertentu.

Penyusunan RKA-KL mengacu pada RKA-KL tahun sebelumnya (2009) dan ditambah dengan kegiatan-kegiatan yang masih kurang. Atau kegiatan yang telah ada juga bisa dihilangkan. Semua berawal dari sebuah perencanaan. Kata pepatah, if u plan to fail, u’ll fail. Berkaitan dengan hal tersebut, RKA-KL tahun 2009 di BPK Perwakilan Sulbar sekarang, masiih dibuat oleh BPK Sulsel. Dan karena merupakan satker yang sangat muda sekali, BPK Sulbar berupaya untuk terus belajar demi membuat sebuah perencanaan keuangan yang reliable dan dapat diandalkan.

About these ads

Posted Mei 18, 2009 by 4n1ef in Keuangan

3 responses to “Penyusunan RKA KL 2010

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ping-balik: 2010 in review « Generasi Robbani

  2. numpang baca gan. bagus nih. ada sampel RKAKL nya ga? kirim email dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.